pengaruh renang

PENGARUH RENAG TERHADAP PERTUMBUHAN TUBUH MANANUSIA


Dalam meningkatkan kebugaran tubuh maka di butuhkannya olaraga secara teratur, dan dari beberapa olaraga yang cukup diminti bagi semua kalangan yaitu olaraga renang. karana olaraga tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh . dan beberapa ahli mengatakan bahwa olaraga renangang dapat mempengaruhi pertumbuhan manusia serta dapat di jadikan untuk tempat melepas lelah dalam kepenatan .berikut ini beberapa pengaruh  renang terhadap pertumbuhan manusaia diantaranya yaitu ;

 berpengaruh pada pernafasan, Otot dan kulit
            Pertubuhan  tubuh  paling subur terjadi pada usia anak-anak , dalam perkembangannya pun harus dipantau  karena dalam  keseharian ketika bersekolah  anak-anak duduk di bangku terlalu lama dan dapat mengalami banyak gangguan. Secara otomatis ini dapat menekan pertumbuhan anak serta dapat mengganggu sikologi anak ketika anak tersebut mengalami kejenuhan untuk mengimbanggi hal tersebut maka dapat dilakukan dengan cara berenang. Renanang merupakan salah satu cabang olaraga yang dapat menghilangkan gangguan tersebut. Serta hal tersebut bias di tinjau dari beberapa pengaruh terhadap organ tubuh diantaranya adalah, otot,mata dan kulit.

Pengaruh Renang Terhadap Peredaran Darah
             Di dalam tubuh manusia terdapat jantung. Jantung merupakan merupakan pusat penggerak dara serta darah dapat mentransferkan oksigen keseluruh tubuh, dari jantung darah yang bersih membawa sari-sari makanan keseluruh tubuh dan membawahnya kembali kedarah . yang kotor (mengandung CO)  dari seluruhtubuh ke jantung. Renang olaraga yang di lakuakan di air , dengan menggerakkan anggota badan serta mengapung di air dan seluruh anggota badan nergerak dengan bebas. Untuk mengerakan anggota badan diperlukan lah tenaga atau energi. Energi diperoleh dari pembakaran sari-sari makanan di dalam darah (sel). Untuk oksidasi dibutuhkanla oksigen /O2, di bawah  oleh darah ke paru-paru.karenana pergerakan seluruh tubuh ketika beranang maka penggiriman darah keseluruh tubuh pun merata sehingga peredaran darah pun menjadi lancer.sehingga dapat disimpulkan bahwa renang sangat berpengaruh bagi pernafasan kita.
Pengaruh Renang Terhadap Otot 
Pengertian daging pada tubuh kita yaitu kumpulan serabut otot yang terdiri dari sel-sel otot yang bersambung-sambung.manusia mempunyai 2 otot , otot lurik dan otot polos  otot sebagai jaringan penngerak dan kerja otot setatis itu lebih baik dari pada kerja otot yang dinamis. Gerakan dalam renang akan terjadi gerakan otot yang dinamis karenan kerja otot it uterus menerus,hal tersebut dapat membuat  serabut-serabut otot bertambah banyak dan bertambah kuat. Dalam renang otot-otot tubuh seluruhnya bekerja, hal ini akan memberikan kemingkinan-kemungkinan untuk pertubuhan otot.
Pengaruh Renang Terhadap Mata dan Kulit yang Lainnya.
Penjelasan terhadap air yang ada pada kolam renang , diantara beberapa kereteria syarat air yang ada di kolam renang diantaranya:
a.       Bersih
Air harus bersih dari kotoran,daun, kertas, lumut, rambut, serangga bakteri dan kotoran bahan kimia dan tidak mengandung bibit penyakit.
b.      Jernih
Jernih berarti dasar kolam dapat dilihat dari dalat kelihatan jelas.Dengan demikian keindahan kolam tampak menyenangkan serta keselamatan perenang akan selalu terjaga.
c.       Suhu air
Temperature air dijaga jangan terlalu dingin san terlalu panas antara 25ºC - 26 ºC.
Dengan demikian demikian keadaan kolam tersebut sepereti contoh di atas maka akan mempengeruhi kesehatan mata dan kulitpun akan menjadih bersih dan sehat karena selalu kena sinar matahari yang bebas yang penuh dengan vitamin D.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar